Minggu, 13 April 2014

BIOLOGI FUN - Zombie Fungus





Jika anda berpikir bahwa evolusi sudah mulai berhenti bertingkah, anda keliru. Disini anda akan menemukan jamur parasit yang mengambil alih setiap jaringan tisu yang ada pada tubuh korban. Beberapa spesies bahkan mengubah perilaku inangnya menjadi zombie. Bukan. Bukan zombie seperti yang sering ditayangkan di film-film. Tapi zombie dalam artian tersendiri.

Ophlocordyceps unilateralis, jamur ini dapat ditemukan di daerah hutan hujan tropis seperti Thailand. Mereka bertahan hidup pada jenis semut tukang kayu (Camponotus sp.)

HOW TO MAKE ZOMBIE ANT

Disini akan dijelaskan bagaimana cara jamur tersebut membuat pasukan semut zombie.




1. Semut tukang kayu yang sedang mencari makan berjalan melewati area hutan hujan yang penuh akan spora mikroskopis yang dijatuhkan oleh jamur yang telah matang. Spora tersebut lalu mengeluarkan enzim yang akan merusak bagian pelindung luar tubuh semut.
2. Dua hari kemudian, semut pergi meninggalkan pohon dimana koloninya berada dan turun mencari tempat dimana suhu dan kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan jamur. Biasanya semut merangkak ke bagian belakang pada bagian bawah daun dan menggigit daun terutama ke bagian vena tengah sehingga tidak akan jatuh. Kemudian semut tersebut mati.
3. Jamur mengkonsumsi organ bagian dalam semut dan menggunakan cangkang luar semut sebagai pelindung. Buritan utama jamur yang disebut stroma meletus dari bagian belakang kepala semut dan tumbuh.
4. Jamur dewasa melepaskan spora dari stroma. Spora tersebut jatuh ke tanah membentuk killing zone berukuran 10-square-feet atau 0,92903 meter, yang mana akan menyerang semut lainnya.

Sumber : http://the-science-llama.tumblr.com/

0 komentar:

Posting Komentar

  • .

    .
  • .

    .
  • .

    .
  • .

    .